Kabel UTP Cat 6

16.47

Sumber : https://unsplash.com/

Kabel UTP Cat 6 adalah salah satu komponen vital dalam membangun jaringan yang efektif di dalam maupun di luar suatu kantor atau wilayah. Kabel Cat menjadi tulang punggung dari seluruh perangkat komunikasi dan memastikan bahwa data-data seperti teks, video, dan audio terkirim secara efisien. Kabel Cat 6 sendiri  adalah kabel pasangan terpilin standar untuk Ethernet dan lapisan fisik jaringan lainnya yang kompatibel dengan standar kabel Kategori 5 / 5e dan Kategori 3.

 Kabel Cat 6 dapat dikenali dengan pencetakan di samping selubung kabel. Jenis kabel, tipe konektor dan topologi kabel ditentukan oleh TIA / EIA-568.

Kabel patch Cat 6 biasanya diakhiri dalam konektor modular 8P8C, menggunakan penetapan pin T568A atau T568B; kinerjanya sebanding asalkan kedua ujung kabel diakhiri secara identik.

Jika kabel patch, soket, dan konektor Cat 6 tidak digunakan dengan kabel Cat 6, kinerja keseluruhan akan menurun dan mungkin tidak memenuhi spesifikasi kinerja Cat 6.

Standar untuk Kategori 6A (augmented Category 6) adalah ANSI / TIA-568-C.1, yang ditetapkan oleh Telecommunications Industry Association (TIA) untuk meningkatkan standar kinerja sistem kabel twisted pair. Ini didefinisikan pada tahun 2009. Kinerja Cat 6A ditentukan untuk frekuensi hingga 500 MHz — dua kali lipat dari Cat 6. Cat 6A juga memiliki spesifikasi crosstalk alien yang lebih baik dibandingkan dengan Cat 6, yang mengambil alien tingkat tinggi kebisingan pada frekuensi tinggi.

Standar kabel global ISO / IEC 11801 telah diperpanjang dengan penambahan amandemen 2. Amandemen ini menetapkan spesifikasi baru untuk komponen Cat 6A dan link permanen Kelas EA. Spesifikasi Cat 6A / Kelas EA global baru ini memerlukan perangkat keras penghubung generasi baru yang menawarkan kinerja yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan produk yang ada yang didasarkan pada standar TIA Amerika. Poin terpenting adalah perbedaan performa antara spesifikasi komponen ISO / IEC dan EIA / TIA untuk parameter transmisi NEXT. Pada frekuensi 500 MHz, konektor ISO / IEC Cat 6A bekerja 3 dB lebih baik daripada konektor Cat 6A yang sesuai dengan spesifikasi EIA / TIA. 3 dB sama dengan 50% pengurangan daya sinyal derau crosstalk dekat-ujung; lihat setengah titik kekuatan.

Oleh karena itu, kebingungan muncul karena konvensi penamaan dan tolok ukur kinerja yang ditetapkan oleh standar ISO / IEC Internasional dan TIA / EIA Amerika, yang pada gilirannya berbeda dari standar regional Eropa, EN 50173-1. Secara umum, standar ISO untuk Cat 6A adalah yang paling ketat, diikuti oleh standar Eropa, dan kemudian Amerika (kemampuan pencocokan 1 lawan 1).

Kabel UTP Cat 6 Harga

Membeli kabel Ethernet tidak selalu semudah kelihatannya. Ada banyak pilihan kabel jaringan dari berbagai jenis; Cat 5, Cat5e, Cat 6, Cat 6e dan Cat 7, serta warna panjang yang berbeda dan sejenisnya. Ini tersedia dari berbagai pemasok yang berbeda.

Penting untuk membeli kabel jaringan yang benar: menentukannya secara berlebihan dan Anda akan membayar terlalu banyak; kurang dari itu dan kinerja akan terganggu dan jaringan area lokal atau tautan Ethernet tidak akan berfungsi sebaik mungkin.

Memilih kabel UTPCat 6 harga yang tepat akan memastikan kinerja terbaik dicapai dengan harga terbaik.

Untuk memastikan kabel jaringan terbaik dibeli untuk sistem, perlu memiliki sedikit pemahaman tentang apa yang dibutuhkan. Perlu sedikit waktu untuk menilai dengan tepat apa yang dibutuhkan dan mencari tahu berbagai opsi kabel Ethernet yang tersedia.

Aspek seperti kinerja, harga, ketersediaan, kualitas, dan lainnya, semuanya memengaruhi keputusan. Meskipun beberapa sulit untuk dinilai, mengetahui fakta dapat membantu membuat keputusan yang tepat tentang kabel Ethernet terbaik untuk dibeli.

Kabel UTP Cat 6 Terbaik

Kabel UTP Cat 6 terbaik harus memenuhi spesifikasi yang lebih ketat untuk crosstalk dan kebisingan sistem daripada Cat 5 dan Cat 5e. Standar kabel menentukan kinerja hingga 250 MHz, dibandingkan dengan 100 MHz untuk Cat 5 dan Cat 5e.

Sedangkan kabel Kategori 6 memiliki panjang maksimum yang dikurangi 55 meter (180 kaki) bila digunakan untuk 10GBASE-T, kabel Kategori 6A dikarakterisasi menjadi 500 MHz dan telah meningkatkan karakteristik crosstalk asing, memungkinkan 10GBASE-T dijalankan untuk 100- meter (330 kaki) jarak maksimum seperti varian Ethernet sebelumnya.

Kabel UTP Cat 6e

Segera setelah ratifikasi Kabel UTP Cat 6, sejumlah pabrikan mulai menawarkan kabel berlabel Kategori 6e. Maksud mereka adalah untuk menyarankan penawaran mereka adalah peningkatan ke standar Kategori 6 — mungkin menamainya setelah Kategori 5e, yang merupakan peningkatan standar untuk kabel Kategori 5. Namun, Kabel UTP Cat 6e bukan standar Asosiasi Industri Telekomunikasi yang diakui.

Kategori 7 adalah standar ISO, tetapi bukan standar TIA; ini adalah kabel berpelindung dengan konektor yang lebih baru (GG45 atau TERA) yang tidak kompatibel dengan kategori 3 hingga 6A. Kategori 8 adalah penawaran pemasangan kabel jaringan berikutnya yang kompatibel ke belakang.

Kabel LAN Cat 6 Vs Cat 5e

Baik CAT5e maupun CAT6 dapat menangani kecepatan hingga 1000 Mbps, atau Gigabit per detik. Ini lebih dari cukup untuk kecepatan sebagian besar koneksi internet. Kecil kemungkinannya Anda saat ini memiliki koneksi internet yang dapat digunakan untuk mencapai kecepatan hingga 500 Mbps.

Perbedaan utama antara Kabel UTP Cat 6 Vs Cat 5e terletak pada bandwidth, kabel tersebut dapat mendukung untuk transfer data. Kabel CAT6 dirancang untuk mengoperasikan frekuensi hingga 250 MHz, dibandingkan dengan 100 Mhz untuk CAT5e. Ini berarti kabel CAT6 dapat memproses lebih banyak data pada saat yang bersamaan. Anggap saja sebagai perbedaan antara jalan raya 2 dan 4 jalur. Di keduanya, Anda dapat mengemudi dengan kecepatan yang sama, tetapi jalan raya 4 jalur dapat menangani lebih banyak lalu lintas pada saat yang bersamaan.

Kabel LAN Cat 6 Outdoor

Jika digunakan untuk 10/100 / 1000BASE-T, panjang maksimum kabel Cat 6 yang diizinkan adalah 100 meter (328 kaki). Ini terdiri dari 90 meter (295 kaki) dari kabel "horizontal" padat antara panel patch dan soket dinding, ditambah 5 meter (16 kaki) kabel patch yang terdampar antara setiap jack dan perangkat yang terpasang. Untuk 10GBASE-T, kabel Cat 6 yang tidak berpelindung tidak boleh melebihi 55 meter dan kabel Cat 6A tidak boleh melebihi 100 meter.

Kabel kategori 6 dan 6A harus dipasang dengan benar dan diakhiri untuk memenuhi spesifikasi. Kabel tidak boleh tertekuk atau tertekuk terlalu kencang; radius tikungan harus lebih besar dari empat kali diameter luar kabel. Pasangan kawat tidak boleh dilepas dan jaket luar tidak boleh dilepas lebih dari 13 mm (0,51 in).

Pelindung kabel mungkin diperlukan untuk menghindari kerusakan data di lingkungan interferensi elektromagnetik tinggi (EMI). Pelindung biasanya dipertahankan dari satu ujung kabel ke ujung lainnya menggunakan kabel pembuangan yang mengalir melalui kabel di samping pasangan yang bengkok. Sambungan listrik pelindung ke sasis di setiap ujung dilakukan melalui jack. Persyaratan untuk koneksi arde di kedua ujung kabel menciptakan kemungkinan membuat loop arde. Situasi yang tidak diinginkan ini dapat memaksa arus mengalir dalam pelindung kabel jaringan dan arus ini pada gilirannya dapat menyebabkan gangguan yang merugikan dalam sinyal yang dibawa oleh kabel.

Untuk penggunaan kabel UTP Cat 6 outdoor, Jaket berisi gel memberikan perlindungan kelembaban saat digunakan di lingkungan luar ruangan. Dengan jaket pelindung UV, jalur kabel luar ruangan terlindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images